Minggu, 09 Oktober 2016

Paper "Penjadwalan Angkot"

1.     PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Transportasi dan kemacetan merupakan masalah yang sangat sering dihadapi oleh masyarakat, khususnya di kota-kota besar. Banyaknya transportasi umum dan pribadi menjadikan kemacetan semakin sulit untuk diatasi. Dalam hal ini penulis mengusulkan sebuah inovasi baru “Penjadwalan Angkot” sebagai salah satu aplikasi untuk mengatasi masalah akan kebutuhan transportasi masyarakat. Aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengatasi permasalahan transportasi dan kemacetan yang sering dihadapi. Aplikasi serupa sudah hadir di Indonesia seperti Gojek, Uber, Grab dan lainnya dengan layanan transportasi, akan tetapi aplikasi tersebut bukan mengutamakan transportasi umum seperti bus atau angkot. Aplikasi tersebut lebih kepada mensejahterakan para tukang ojek, dan penumpang secara individual. Sedangkan aplikasi “Penjadwalan Angkot” lebih mengutamakan penggunaan transportasi umum, khususnya angkot.
Sistem kerjanya sama dengan aplikasi pada umumnya. Ada jadwal waktu  “Penjadwalan Angkot” yang berisi jam operasional angkot, dimana satu angkot hanya dapat beroperasi selama 12 jam. Ada petunjuk halte atau pos dimana angkot itu boleh berhenti, jika angkot berhenti tidak pada tempatnya akan ada denda bagi supir dan penumpang. Selain itu juga ditampilkan informasi rute angkot. Pengguna selain supir angkot juga dapat memeriksa ketersediaan angkot beserta tarifnya, serta dimana penumpang harus menunggu angkot. Pada awal peluncuran, inovasi “Penjadwalan Angkot” akan memberikan tarif 50% dengan minimum pembayaran tarif sebesar Rp.5000,-.
Inovasi kedepan layanan “Penjadwalan Angkot” akan menyediakan pembayaran dengan E-Pay yang dapat digunakan oleh penumpang yang khawatir tidak memiliki uang pas. Selain itu supir angkot mendapatkan gaji dari perusahaan, jika sistem ini sukses akan ada pengalihan kepada pemerintah sehingga pemerintah bisa lebih mengelola lagi transportasi umum ini.

1.2.  Tujuan Penulisan
Inovasi “Penjadwalan Angkot”  ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan yang ada di kota-kota besar, Depok khususnya. “Penjadwalan Angkot” diharapkan dapat ikut berkontribusi positif untuk masyarakat dan kota-kota besar sampai ke Indonesia dalam masalah transportasi umum dan dapat digemari oleh masyarakat.

1.3.  Terobosan dalam Inovasi “Penjadwalan Angkot”
Untuk memperkuat inovasi baru “Penjadwalan Angkot” maka dapat dilakukan beberapa terobosan penting yang diusulkan penulis salah satunya dengan mengadakan kerjasama dengan para supir angkot. Selain itu perlu mengadakan pencarian investor untuk memperkuat sistem ini, nantinya seluruh dana yang didapat dari investor akan dipergunakan untuk pengembangan produk dan penggajian supir angkot. Diperlukan juga dukungan dari masyarakat, dan pemerintah agar dapat berjalan dengan lancar.

















2. LANDASAN TEORI

2.1. Definisi dan Perkembangan Telematika
Telematika berasal dari bahasa perancis yaitu “telematique” yang artinya bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia juga sangat jelas dibutuhkan mengingat kondisi geografis yang terdiri dari banyak pulau yang  tersebar. Teknologi perangkat portabel iPad, Skypad, lainnya juga salah satu elemen teknologi telekomunikasi yang terus berkembang. Selain itu juga perkembangan modem broadband yang menggunakan signal dari selular yang semakin meluas juga semakin marak dikembangkan oleh para operatos selular. Ada pun di industri Smartphone atau Ponsel Pintar yang selalu membenamkan teknologi akses internet yang terbaru dan mumpuni, contohnya saja teknologi 4g atau LTE yang saat ini hanya tersedia di negara maju.  Begitu pula perkembangan dalam dunia teknologi yang baru-baru ini banyak menyita perhatian pengguna internet yaitu cloud computing yang sedang dikembangkan juga oleh perusahaan-perusahaan IT dan internet yang besar seperti Google dan Yahoo, serta layanan-layanan web-base yang semakin mempermudah konsumen dalam penggunaannya.
2.2. Telematika dalam Inovasi Masa depan
Telematika kendaraan siap untuk terus tumbuh secara eksponensial sebagai aplikasi komputer yang dikembangkan untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya jumlah unit GPS, meningkatkan daya pemrosesan dan meluasnya penggunaan perangkat mobile. Masa depan telematika akan sangat ditentukan oleh kebutuhan pemilik kendaraan yang terus mencari cara untuk memotong biaya, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan akuntabilitas. Sebagai pemahaman tentang telematika berkembang lebih jauh, demikian juga akan aplikasinya. Masa depan lebih dekat daripada yangdipikirkan. Berikut beberapa inovasi terkait telematika di masa depan  :
1.      Pemetaan, masa depan yang lebih efisien aman. Sistem telematika modern sudah mampu menganalisis gaya mengemudi dan memberikan umpan balik yang komprehensif untuk kedua manajer dan driver secara real time.
2.      Spesifikasi Exact perjanjian dan pengiriman. Smartphone dapat bekerja bahu-membahu dengan teknologi telematika canggih untuk menciptakan operasi TI yang mencakup semua aspek kehidupan - dari bisnis ke waktu di rumah, mobil dan rekreasi. Perangkat ini juga dapat memberitahu pengguna persis berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi pengguna untuk melakukan perjalanan pulang untuk menyambut pedagang dan memberikan pengguna dengan rute terbaik, dengan kemacetan lalu lintas rekening. Memperluas gagasan lanjut, pengiriman bisa dikirim ke lokasi yang tepat ke pengguna, menunjuk sesuai dengan sinyal GPS dari smartphone, apakah itu rumah, kantor atau bahkan kedai kopi lokal.  Sebuah mobil dapat mengarahkan, mengerem, mempercepat, menggunakan kamera, scanner laser dan radar untuk menjaga jarak aman dari kendaraan lain dan mengidentifikasi lampu lalu lintas, tanda-tanda jalan dan pejalan kaki.
3.      Sebuah rute baru untuk angkutan umum . Meskipun metode transportasi umum yang membutuhkan infrastruktur khusus yang akan dibangun pasti akan menghadapi tantangan dengan massa-adaptasi, setelah mobil yang dapat berkendara otomatis  telah menjadi biasa, rute otomatis angkutan umum bisa membantu untuk mengatasi masalah kemacetan dan perencanaan kota. Rute tersebut tidak akan perlu diawaki oleh sopir, atau trek. Sebaliknya mereka akan mengikuti jalur khusus wisata di kota atau kota, bergantung pada GPS yang akurat dan pemetaan rinci untuk mengarahkan mereka di sekitar tikungan atau hambatan
4.      Panggilan 999 Otomatis. Instalasi standar dari sistem eCall, skema Komisi Eropa yang didukung yang memungkinkan kendaraan untuk secara otomatis menghubungi layanan darurat dalam kasus kecelakaan.
5.       Infotainment pertama. Kotak hitam telematika dan sistem hiburan akan digabung bersama-sama dalam satu unit, membawa pilihan infotainment baru untuk driver yang terjebak dalam lalu lintas statis atau menunggu seseorang.
6.      Sebuah komunitas mengemudi terhubung. Telah menyatakan bahwa 'terhubung' mobil - kendaraan yang dilengkapi dengan akses internet built-in - adalah teknologi yang ketiga tercepat, dengan hanya tablet dan telepon di depannya. Dengan kekuatan gabungan dari internet dan GPS, kendaraan akan dapat memberikan pemberitahuan yang disesuaikan dengan preferensi kedua pengemudi dan wilayah di mana mengemudi
7.      kendaraan suara dikendalikan. Kontrol suara dan teknologi berbasis layar sentuh dan kamera pelacakan yang lebih baik dari gerakan pengguna berarti bahwa suatu hari, driver mungkin dapat mengeluarkan instruksi ke mobil dengan kepindahan sederhana tangan mereka atau beberapa kata.
8.      Munculnya teknologi  (V2I) Vehicle-to-Infrastruktur. Kendaraan-to-Infrastruktur (V2I) teknologi sepertinya akan mendapatkan traksi yang signifikan dalam waktu dekat. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi dengan infrastruktur lokal menggunakan Wireless Local Area Network. Dua arah hubungan antara kendaraan dan infrastruktur pinggir jalan bisa update driver pada segala sesuatu dari ruang parkir kosong dan perbaikan jalan sulit untuk kondisi cuaca buruk.
9.      Munculnya 'internet' . Internet interkoneksi benda sehari-hari melalui internet - diatur berdampak lebih lanjut pada telematika. Dari kendaraan yang dapat mengidentifikasi penurunan tajam dalam suhu dan menyalakan pemanas di rumah untuk smartwatches atau 'Produk pakaian' lain yang dapat membuka kendaraan sebagai sopir berjalan ke pintu tanpa sentuhan.

2.3.  Dampak Negatif dan Positif pada Perkembangan Telematika
 Pada saat ini banyak sekali tantangan pada berbagai bidang kehidupan sehari-hari yang perlu di tangani menggunakan teknologi yang salah satu contohnya adalah teknologi informasi. Perkembangan telematika yang semakin luas dapat mengatasi segala macam hamabatan yang ada jika kita benar dalam mengelolanya. Telematika merupakan contoh dari perkembangan teknologi informasi yang ada. Tanpa pemahaman yang mencukupi maka akan menyebabkan suatu ketergantungan terhadap pihak lain karena begoti minimnya pemanfaatan teknologi informasi ini sebagai alat bantu dalam memimpin sebuah bangsa.

Dampak Positif
-          Memudahkan dalam mendapatkan Informasi
-          Saat ini mendapatkan informasi apa saja abisa didapatkan dari internet
-          Kemudahan dalam memperoleh data
-          Dengan perkembangan dalam Telematika, kita dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber.
-          Menghemat waktu danbiaya
-          Orang lain dapat berkomuunikasi secara jarak jauh, sehingga menghemat waktu dam tidak perlu megnegluarkan uang untuk bertatap muka.

Dampak Negatif
-          Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan mengguankan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber, dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
-          Penyebaran Virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang n\menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
-          Kejahatan Telematika merugikan individu, misal lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 ata kartu kredit milik orang Russia dan  orang asing
-          Kejahatan Telematika merugikan perusahaan atau organisasi.





























3.     KESIMPULAN

Perkembangan telematika dalam berbagai bidang semakin maju, hal ini disebabkan semakin banyaknya kebutuhan akan telematika itu sendiri. Semakin banyaknya software yang muncul untuk membuat aplikasi berbasis telematika ini dan juga beraneka ragam kebutuhan informasi akan memudahkan bagi pengguna telematika dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya perkembangan telematika di bidang transportasi contohnya pada inovasi “Penjadwalan Angkot” sangat memberikan banyak manfaat bagi pengguna salah satunya mempermudah pengguna dalam menggunakan telematika tersebut.







  
DAFTAR PUSTAKA






Ricko Aminnudin
17113599
4KA17


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © WELCOME
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Internet Entrepreneur